OTO KLINIK Siap Hadapi Lonjakan Servis Kendaraan Selama Libur Lebaran

4/24/20251 min read

Makassar — Menghadapi lonjakan pelanggan selama libur Lebaran, OTO KLINIK telah menyiapkan berbagai langkah strategis guna memastikan kenyamanan dan keselamatan pelanggan dalam perjalanan mudik. Persiapan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari penyediaan suku cadang hingga optimalisasi layanan bengkel.

Business Manager OTO KLINIK, Nursang, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan stok suku cadang, terutama untuk kebutuhan pelumasan dan perawatan rutin seperti oli mesin, kampas rem, serta lampu kendaraan. “Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan pelanggan selama perjalanan mudik,” ujarnya.

Untuk menjaga kualitas pelayanan meskipun bengkel ramai, OTO KLINIK menerapkan strategi berupa penyesuaian jadwal masuk dan piket mekanik, penambahan jam kerja atau lembur khusus untuk pengerjaan ringan, serta sistem service booking untuk pengaturan antrian. “Kami juga mendahulukan pengerjaan servis ringan seperti ganti oli dan filter agar pelanggan tidak perlu menunggu lama dan tidak ada mobil yang tertinggal lama di bengkel,” jelas Abdul Kadir selaku Head ASS OTO KLINIK.

Selama masa libur, jam operasional bengkel juga disesuaikan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah kendaraan. Evaluasi dan pendataan ketersediaan suku cadang telah dilakukan sejak awal bulan Ramadhan, dengan pengadaan stok sesuai kebutuhan minimum dan maksimum berdasarkan data yang ada.

Meski demikian, Nursang mengakui bahwa tantangan terbesar yang dihadapi adalah permintaan percepatan servis di tengah lonjakan kendaraan dan kondisi bulan puasa. “Solusinya adalah dengan menyesuaikan jadwal servis booking dan menambah jam kerja,” jelasnya.

OTO KLINIK juga mencatat dampak positif terhadap pendapatan selama musim libur ini. Terdapat peningkatan sekitar hampir 50% persen jumlah kendaraan yang masuk ke bengkel dibanding hari-hari biasa. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah angka kendaraan yang dikerjakan pada hari-hari menuju lebaran yang mencapai 25 unit dalam satu hari, dibandingkan dengan hari biasa hanya 12 - 13 unit, dengan fokus pada pengerjaan servis ringan seperti ganti oli dan filter dan pengecekan sistem pengereman.

Menyambut antusiasme pelanggan, OTO KLINIK turut menghadirkan berbagai inovasi dan program menarik, seperti promo Ramadhan berupa diskon jasa servis, pengecekan kendaraan gratis, hingga undian sembako.

“Bengkel umum, Kualitas Dealer, Harga Murah, Pelayanan Maksimal. OTO KLINIK Melayani dengan hati,” tutup Nursang.